Welcome to my blog:),,I Hope You All Like My Blog :)

Rabu, 27 April 2011

Arti dan Makna Supervisi

Pengertian Supervisi
  • Secara morfologis Supervisi berasalah dari dua kata bahasa Inggris, yaitu super dan vision. Super berarti diatas dan vision berarti melihat, masih serumpun dengan inspeksi, pemeriksaan dan pengawasan, dan penilikan, dalam arti kegiatan yang dilakukan oleh atasan –orang yang berposisi diatas, pimpinan-- terhadap hal-hal yang ada dibawahnya. Supervisi juga merupakan kegiatan pengawasan tetapi sifatnya lebih human, manusiawi. Kegiatan supervise bukan mencari-cari kesalahan tetapi lebih banyak mengandung unsur pembinnaan, agar kondisi pekerjaan yang sedang disupervisi dapat diketahui kekurangannya (bukan semata-mata kesalahannya) untuk dapat diberitahu bagian yang perlu diperbaiki   
  • Secara sematik Supervisi pendidikan adalah pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu mengajar dan belajar dan belajar pada khususnya.   
 Menurut pendapat para ahli :

  • Good Carter memberi pengertian supervisi adalah usaha dari petugas-petugas sekolah dalam memimpin guru-guru dan petugas lainnya, dalam memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulir, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru-guru dan merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan-bahan pengajaran, dan metode mengajar dan evaluasi pengajaran.
  • Boardman et. Menyebutkan Supervisi adalah salah satu usaha menstimulir, mengkoordinir dan membimbing secarr kontinyu pertumbuhan guru-guru di sekolah baik secara individual maupun secara kolektif, agar lebih mengerti dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran dengan demikian mereka dapat menstmulir dan membimbing pertumbuan tiap-tiap murid secara kontinyu, serta mampu dan lebih cakap berpartsipasi dlm masyarakat demokrasi modern.
  • Wilem Mantja (2007) mengatakan bahwa, supervisi diartikan sebagai kegiatan  supervisor (jabatan resmi) yang dilakukan untuk perbaikan proses belajar mengajar (PBM). Ada dua tujuan (tujuan ganda) yang harus diwujudkan oleh supervisi, yaitu; perbaikan (guru murid) dan peningkatan mutu pendidikan
  • Menurut Kimball Wiles (1967)Konsep supervisi modern dirumuskan sebagai berikut : “Supervision is assistance in the development of a better teaching learning situation”.
  • Ross L (1980), mendefinisikan bahwa supervisi adalah pelayanan kapada guru-guru yang bertujuan menghasilkan perbaikan pengajaran, pembelajaran dan kurikulum.
  • Menurut Purwanto (1987), supervisi ialah suatu aktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai sekolah dalam melakukan pekerjaan secara efektif.
 
Prinsip – Prinsip Supervisi Pendidikan


  1. Ilmiah
  2. Kooperatif
  3. Konstruktif dan Kreatif
  4. Realistik
  5. Progresif
  6. Inovatif
Para Supervisor harus menguasai :

  1. Pembelajaran yang lebih menekankan pada praktek, baik dilaboratorium,maupun dimasyarakat dan dunia kerja.
  2. Pengawas mampu membantu guru untuk mengembangkan iklim pembelajaran yang demokratis dan terbuka melalui pembelajaran terpadu
  3. Pembelajaran lebih ditekankan pada masalah masalah aktual yang secara langsung berkaitan dengan kehidupan nyata yang ada di masyarakat.

Pengawas Sekolah Memenuhi Ciri Profesional ditandai dengan :


  1. Dipersiapkan melalui pendidikan yang relativ panjang melalui pendidikan tinggi
  2. Profesi pengawas mendapat pengakuan dari masyarakat karena keahliannya terandalkan
  3. Tugas – tugas memberi layanan menerapkan konsep dan prinsip- prinsip keilmuan.
  4. Adanya kode etik profesi sebagai acuan norma untuk bertindak dalam pekerjaan profesinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar